Edu Geography
Vol 10 No 3 (2022): Vol 10 No 3 (2022)

PENGARUH PEMBELAJARAN E-LEARNING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 12 SEMARANG




Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Pembelajaran e-learning merupakan pembelajaran yang diberlakukan oleh seluruh instansi pendidikan di Indonesia pada masa darurat pandemi COVID-19 termasuk di SMA Negeri 12 Semarang. Pembelajaran e-learning di SMA Negeri 12 Semarang yang digunakan adalah aplikasi “SIMPeL 12” atau Sistem Informasi Manajemen Pembelajaran SMA Negeri 12 Semarang, dilakukan secara jarak jauh memicu perubahan hasil belajar, termasuk hasil belajar afektif yaitu motivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pembelajaran e-learning geografi masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 12 Semarang, menganalisis motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran, menganalisis pengaruh pembelajaran e-learning terhadap motivasi belajar mata pelajaran geografi pada masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 12 Semarang. Metode yang digunakan adalah statistik deksriptif dengan pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Selanjutnya dianalisis menggunakan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran e-learning geografi masa pandemi COVID-19 di SMA Negeri 12 Semarang memiliki kriteria kurang dengan persentase 51%, motivasi belajar peserta didik dalam pembelajaran tergolong rendah dengan persentase 59%, pembelajaran e-learning berpengaruh signifikan terhadap motivasi belajar peserta didik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...