Edu Geography
Vol 10 No 3 (2022): Vol 10 No 3 (2022)

Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Blended Learning Berbasis Aplikasi Moodle Pada Mata Pelajaran Geografi di SMA Negeri 12 Semarang




Article Info

Publish Date
19 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi Moodle dan mengetahui efektivitas penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi Moodle pada mata pelajaran Geografi terhadap hasil belajar siswa kelas XI SMAN 12 Semarang. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS dengan pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling, kelas yang diteliti yaitu kelas XI IPS 4 sebagai kelas kontrol dan kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa masing-masing 36 siswa. Variabel penelitian meliputi Pelaksanaan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi Moodle dan Efektivitas penggunaan model pembelajaran blended learning berbasis aplikasi Moodle. Teknik analisis data melalui deskriptif persentase, uji N-Gain, dan uji T. Hasil penelitian menunjukkan (1) pelaksanaan pembelajaran memiliki 3 tahapan yaitu tahap Seeking of information, Acquistition of information, dan Syntheizing of knowlwdge. Dengan penilaian perangkat pembelajaran dalam kategori “sangat baik”, kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran dalam kategori “Sangat Baik”, serta respon siswa dalam kategori “menarik”. (2) Penggunaan model pembelajaran blended learning memiliki perbedaan nilai rata-rata yang signifikan dilihat dari hasil uji Mann-Whitney yaitu 0.009 < 0.05. Adanya perbedaan rata-rata ini dapat dikatakan efektif atau tidak berdasarkan hasil dari uji N-Gain persen yaitu 60% untuk kelas eksperimen termasuk dalam kategori “Cukup Efektif” dan 53% untuk kelas kontrol termasuk ke dalam kategori “Kurang Efektif”. Dapat disimpulkan penggunaan model pembelajaran blended learning efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran pada siswa kelas XI-IPS SMA Negeri 12 Semarang untuk menjadi strategi pembelajaran pasca wabah Covid-19.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

edugeo

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education

Description

Edu Geography [p-ISSN 2252-6684|e-ISSN 2549-0346|DOI 10.15294.edugeo] publishes original research and conceptual analysis of geography education. Edu Geography provides a forum for educators and scholars to present innovative teaching strategies and essential content for elementary and secondary ...