Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 7, No 1 (2023)

Hegemoni Maskulinitas: Konstruksi Gender pada Pendidikan Anak Usia Dini

Nelis Nazziatus Sadiah Qosyasih (Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Amirullah Amirullah (Pendidikan Sejarah, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)
Zamah Sari (Pendidikan Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka)



Article Info

Publish Date
23 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk membahas bagaimana tenaga pengajar pada TK berbasis Islam khususnya TK Aisyiyah ABA Sawangan Kota Depok dalam mengkonstruksi identitas gender pada anak usia dini sesuai dengan nilai Kemuhammadiyahan dan misi Aisyiyah. penelitian ini berusaha untuk memahami bagaimana tenaga pengajar melihat anak-anak di sekolah berkembang, bernegosiasi dan mengkonstruksi gender yang ada. Penelitian ini menggunakan pendekatan teori feminis poststrukturalis sebagai pisau analisis dengan metode kualitatif melalui studi kasus dengan grounded theory melalui teknik wawancara terbuka pada 3 orang pengajar yang dipilih secara acak (purposive sampling). Hasil penelitian mengungkapkan bahwa guru melakukan kontrol pada permainan yang dilakukan oleh anak laki-laki dan perempuan yang mengarah pada konstruksi gender yang melekat selama ini serta pemahaman guru tentang konsep kodrat yang mengarahkan pada legitimasi aturan agama. Berdasarkan temuan tersebut, kami merekomendasikan agar guru di pendidikan anak usia dini untuk lebih sadar gender, dapat memberikan kesempatan yang sama bagi anak laki-laki dan perempuan dalam konteks Islam dan sesuai dengan visi Aisyiyah yang menekankan tentang Pendidikan yang berkeadilan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

obsesi

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini is an peer-reviewed journal dedicated to interchange for the results of high quality research in all aspect of early childhood educatuion. The journal publishes state-of-art papers in fundamental theory, experiments and simulation, as well as ...