Jurnal Edukasi Matematika dan Sains
Vol 11, No 1 (2023)

Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Geometri Anak Kelompok B Di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran Oki Tahun Ajaran 2022/2023

Vina Oktaviani (UIN Raden Fatah Palembang)
Aida Imtihana (UIN Raden Fatah Palembang)
Lidia Oktamarina (UIN Raden Fatah Palembang)



Article Info

Publish Date
16 Mar 2023

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh Pengaruh Video Pembelajaran Terhadap Pemahaman Geometri Anak Kelompok B di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran OKI, dengan variabel independent video pembelajaran dan variabel dependent pemahaman geometri. Jenis penelitian ini adalah Quasi-Eksperimental Design, dengan pendekatan penelitian kuantitatif Nonequivalent Control Grup Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 30 anak kelas B1 dan B2 di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI. Kelompok eksperimen menggunakan media video pembelajaran dan kelompok kontrol menggunakan media yang ada didalam kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji validitas, uji realibilitas, uji normalitas, uji homogenititas, uji hipotesis t test. Berdasarkan hasil yang didapat bahwa adanya perbedaan nilai rata-rata setelah diterapkan media yang didesain dari aplikasi canva dimana nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 73 sedangkan kelompok kontrol 60, kemudian dengan perhitungan uji t dimana nilai ttabel untuk taraf signifikansi 5% sebesar 2,074. Dapat disimpulkan bahwa nilai thitung > ttabel karena thitung > ttabel (5,975 > 2,048), maka kesimpulannya Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya ada pengaruh Video Pembelajaran terhadap pemahaman geometri anak kelompok B di RA Al Mumtaazah Desa Pedamaran VI Kecamatan Pedamaran OKI tahun ajaran 2022/2023

Copyrights © 2023