FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika
Vol 8, No 2 (2022): FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN APLIKASI PEAR DECK DALAM PEMBELAJARAN DARING MATA KULIAH ALJABAR ABSTRAK LANJUT

Nihayatus Sa'adah (Universitas Hasyim Asy'
ari)

Iesyah Rodliyah (Universitas Hasyim Asy'
ari)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Pandemi Covid-19 mengubah pelaksanaan pendidikan di Indonesia. Kegiatan pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka kini berubah menjadi pembelajaran daring. Pelaku pendidikan, tidak terkecuali di tingkat perguruan tinggi, harus beradaptasi dengan memanfaatkan teknologi yang ada agar kegiatan pembelajaran bisa terus berjalan efektif. Salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk melaksanakan pembelajaran daring yang memungkinkan interaksi dua arah antara dosen dan mahasiswa adalah Pear Deck. Penelitian eksperimen ini bertujuan untuk mendeskripsikan efektivitas penggunaan Pear Deck dalam pembelajaran daring dalam mata kuliah Aljabar Abstrak Lanjut ditinjau dari hasil belajar dan respon mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes dan angket respon yang diadaptasi dari the Triple E Framework pada 19 mahasiswa semester lima Universitas Hasyim Asy’ari yang memprogram mata kuliah Aljabar Abstrak Lanjut. Data yang didapat meliputi data hasil belajar mahasiswa yang dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan tingkat pencapaian serta data hasil angket yang dianalisis berdasarkan teori the Triple E Framework oleh Kolb. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 84% mahasiswa mendapat nilai di atas 80 dan tiga komponen dari teori the Triple E Framework (Engagement, Enhancement, dan Extension) terpenuhi. Dengan kata lain, penggunaan aplikasi Pear Deck efektif ditinjau hasil belajar dan respon mahasiswa dalam mata kuliah Aljabar Abstrak Lanjut

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

fbc

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal Fibonacci Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta adalah jurnal nasional berbasis penelitian ilmiah, secara rutin diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah ...