Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan dan menganalisis tentang pelayanan administrasi kependudukan di Kantor Kelurahan Linggasari. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode kualitatif dengan jumlah responden sebanyak 8 orang. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, wawancara serta dokumentasi pendukung. Hasil penelitian pelayanan Administrasi Kependudukan secara umum kurang dilaksanakan secara optimal, terdapat enam faktor pendukung untuk mewujudkan pelayanan umum yaitu, faktor kesadaran, faktor aturan, faktor organisasi, faktor pendapatan, faktor kemampuan-keterampilan faktor sarana pelayanan. Untuk mengatasi hambatan tersebut dilakukan berbagai upaya diantaranya mengoptimalkan pegawai untuk menumbuhkan kerjasama, mengoptimalkan arahan dari Lurah kepada pegawai, membuat papan informasi persyaratan administrasi kependudukan, me-review dan mengimplementasikan SOP pelayanan, mengadakan musyawarah bersama perwakilan masyarakat untuk mengklarifikasi terkait transparansi biaya pelayanan, meningkatkan pelatihan kepada pegawai baru, serta mengoptimalkan sarana pelayanan masyarakat dalam menunggu pelayanan.
Copyrights © 2023