Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran
Vol 5, No 2 (2022)

ANALISA PENGARUH DURASI GESEK DAN KECEPATAN PUTARAN PADA PADUAN AL-MG-SI TERHADAP KEKUATAN TARIK HASIL PENGELASAN GESEK (FRICTION WELDING)

Masyaril Huda (universitas negeri malang)
Marsono Marsono (universitas negeri malang)
Duwi Leksono Edy (universitas negeri malang)



Article Info

Publish Date
23 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variasi durasi gesek dan kecepatan putaran terhadap nilai kekuatan tarik hasil pengelasan gesek pada paduan Al-Mg-Si. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memakai desain pre-eksperimental model one shot case study. Hasil penelitian menunjukan pada pengelasan gesek dengan kecepatan putar 800 rpm durasi gesek 60 detik menghasilkan nilai tarik tertinggi sebesar 174,9 Mpa sedangkan kecepatan putar 1600 rpm dengan durasi gesek 60 detik menghasilkan nilai kekuatan tarik sebesar 149,5 Mpa. nilai kekuatantarik semakin menurun dengan bertambahnya durasi gesek 80 detik dan 120 detik serta bertambahnya kecepatan putar nilai kekuatan tarik menurun.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jtmp

Publisher

Subject

Education Engineering Other

Description

Jurnal Teknik Mesin dan Pembelajaran (JTMP) diterbitkan oleh Departemen Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Jurnal ini diterbitkan dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Setiap publikasi berisi artikel yang terdiri dari makalah penelitian asli teoritis dan ...