Hasil penelitian menunjukan bahwa manajemen strategi pemerintah desa dalam pengembangan potensi destinasi wisata melalui tiga tahapan dalam manajemen strategi yaitu formulasi strategi, implementasi strategi dan evaluasi strategi pemerintah desa sudah berjalan cukup baik, namun masih terdapat beberapa kendala seperti kurangnya kesadaran masyarakat dalam mengembangkan wisata melalui promosi dan kendala lainnya adalah terletak pada pendanaan karena pendanaan untuk mengembangkan wisata hanya bersumber dari dana desa. Peran pemerintah desa dalam mengembangkan wisata sebagai motivator, fasilitator dan dinamisator dalam mengembangkan potensi destinasi wisata dalam menjalankan sebagai perannya pemerintah desa belum cukup optimal. Sebagai motivator pemerintah desa belum berhasil memotivasi masyarakat untuk mengembangkan wisata, sebagai fasilitator pemerintah desa sudah cukup baik hal ini dapat diketahui bahwa di objek wisata kelengakapan sarana dan prasarana yang terbilang lengkap, sebagai dinamisator pemerintah desa belum berhasil menggandeng pihak ketiga seperti pemerintah kabupaten ataupun kota dan pihak investor untuk bekerjasama dalam mengembangkan wisata yang ada di Desa Napal Jungur. Kata Kunci : Manajemen, Strategi, Potensi Wisata
Copyrights © 2022