Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 2, No 7 (2015)

KESALAHAN PENULISAN CHOUON DALAM HIRAGANA PADA SISWA KELAS X PEMINATAN SMAN 6 MALANG

UTAMI, FEBRI BUDY (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
20 May 2015

Abstract

Kata Kunci: kesalahan, chouon, hiraganaBahasa Jepang merupakan salah satu bahasa asing yang diajarkan di SekolahMenengah Atas. Dalam bahasa Jepang terdapat bunyi panjang yang dilambangkan dengan tanda sudut atas (^). Kesulitan yang dihadapi oleh siswa Sekolah Menengah Atas dalam pembelajaran bahasa Jepang yaitu menulis, khususnya dalam menulis lafal bunyi panjang (chouon) sehingga masih terjadi kesalahan yang dilakukan oleh siswa tentang penulisan lafal bunyi panjang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar tingkat jenis kesalahan dan penyebab kesalahan penulisan chouon dalam hiragana yang dilakukan oleh siswa kelas X peminatan SMAN 6 Malang.Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode campuran kuantitatif dan kualitatif (mixed method) dengan pengumpulan data melalui tes dan angket dari 25 siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 6 jenis kesalahan yaitu kesalahan penghilangan sebesar 56%, kesalahan penambahan sebesar 2%, kesalahan salah formasi sebesar 4%, kesalahan menganalogi sebesar 14%, kesalahan kelompok sebesar 7%, dan kesalahan global sebesar 17%. Selain itu, juga ditemukan 4 penyebab kesalahan yaitu keterbatasan dalam mengingat sesuatu (kelupaan), ketidaktahuan akan pembatasan kaidah, interferensi oleh bahasa pertama (B1)pembelajar, dan penyamarataan berlebihan oleh pembelajar.Berdasarkan hasil penelitian, penulis menyimpulkan bahwa masih terdapat banyak kesalahan tentang penulisan lafal bunyi panjang dalam hiragana. Penulis menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk melakukan penelitian mengenai kesalahan penulisan chouon dalam hiragana dengan teknik menyimak (chokai). Selain itu, instrumen penelitian melalui angket dapat diganti dengan wawancara agar mengetahui secara detail tentang penyebab kesalahan penulisan chouon dalam hiragana.

Copyrights © 2015