Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 2, No 7 (2015)

GAYA HIDUP HEDONISME TOKOH KOMINE NANAKO DALAM DRAMA TSUBASA NO ORETA TENSHITACHI KARYA SUTRADARA AYA MORIYASU

ANTIKA, BRILLIAN CYNDI (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
20 May 2015

Abstract

Kata Kunci: Drama, gaya hidup hedonisme, Tsubasa no Oreta Tenshitachi.Skripsi ini membahas tentang gaya hidup hedonisme yang dilakukan tokoh Komine Nanako yang memiliki perilaku gaya hidup hedonisme. Hedonisme berasal dari kata hidone menjelaskan bahwa yang artinya kesenangan atau kenikmatan adalah tujuan akhir hidup. Hal itu merupakan cara hidup yang hanya mengejar kenikmatan semata dan mengabaikan nilai-nilai lainnya. Komine Nanako yang ingin punya banyak uang dan hidup mewah sehingga mempunyai gaya hidup yang hedonisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) bagaimana bentuk gaya hidup hedonisme yang dilakukan tokoh Komine Nanako dalam drama Tsubasa no Oreta Tenshitachi karya sutradara Aya Moriyasu? (2) apa saja faktor penyebab gaya hidup hedonisme yang dialami tokoh Komine Nanako dalam drama Tsubasa no Oreta Tenshitachi karya sutradara Aya Moriyasu? Penulis menggunakan teori sosiologi sastra yang terfokus pada cerminan masyarakat dipadukan dengan teori hedonisme. Penulis juga menggunakan teori mise-en scene, karena data yang dianalisis berupa adegan drama.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh Komine Nanako memiliki perilaku hedonisme yang berupa hidup serba mewah, menghambur-hamburkan uang untuk membeli barang-barang mewah, dan menjual dirinya untuk mendapatkan uang dengan cara tidur dengan pria-pria dewasa. Perilaku hedonisme ini bentukan dari masa lalu yang membenci dirinya yang berasal dari keluarga ekonomi ke bawah dan mengubah hidupnya untuk memiliki perilaku hedonisme. Berbagai upaya untuk mendapatkan kebahagiaan, hidup mewah dan memiliki segalanya yang diinginkan. Gaya hidup hedonisme berdampak negatif, di mana seseorang mengubah pola hidup demi mencari kesenangan dan kebahagiaan tanpa memikirkan lingkungan sekitarnya.

Copyrights © 2015