Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 2, No 9 (2015)

PERGESERAN MAKNA GAIRAIGO DALAM BAHASA IKLAN MAJALAH Q TO JAPON VOLUME 13 TAHUN 2012

FAUZIA, ENNIS (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
03 Jun 2015

Abstract

Fauzia, Ennis. 2015. Pergeseran Makna Gairaigo dalam Bahasa Iklan Majalah Q to Japon Volume 13 Tahun 2012. Program Studi Sastra Jepang, Universitas Brawijaya. Pembimbing : (1) Efrizal, M.A (2) Ismi Prihandari, M.Hum.   Kata Kunci : Gairaigo, Majalah Q to Japon, Pergeseran Makna, Bahasa adalah alat komunikasi untuk menyampaikan informasi ke sesama manusia. Bahasa mempunyai peranan yang penting dalam kehidupan sehari hari dalam menyampaikan maksud dan tujuan serta berkomunikasi dengan seseorang setiap waktu. Hal ini bertujuan agar maksud dan tujuan serta pendapat seseorang dapat disampaikan dan dimengerti oleh orang lain. Seiring dengan perkembangan zaman, bahasa juga terus berkembang yang tidak menutup kemungkinan terjadi penambahan kosa kata baru yang menyerap dari bahasa asing. Pada penelitian ini, penulis menjabarkan rumusan masalah yaitu (1) Apa saja jenis pergeseran makna gairaigo dalam bahasa iklan di majalah Q to Japon Volume 13 Tahun 2012? (2) Sebab-sebab apa yang mempengaruhi pergeseran makna dalam bahasa iklan tersebut? Untuk mengetahui pergeseran makna yang terjadi, penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif dalam menjabarkan hasil analisis. Mengambil sumber data di majalah Q to Japon Volume 13 Tahun 2012 denganbeberapa tahapan analisis. Tahapan analisis yang digunakan adalah mengklasifikasikan gairaigo yang ditemukan,menganalisis makna dan sebab pergeseran makna, menghitung intensitas kemunculan gairaigo serta membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari sumber data ditemukan sebanyak 75 gairaigo yang mengalami pergeseran makna dengan rincian, 62 gairaigo yang mengalami pergeseran makna menyempit, 7 gairaigo yang mengalami pergeseran makna meluas serta 6 gairaigo yang mengalami pergseran makna total. Ditemukan 6 sebab pergeseran makna yaitu (1) Sebab sosial yaitu pemaknaan kata yang sering digunakan dalam bahasa sehari hari. (2) Sebab histori yaitu terjadi karena perkembangan zaman. (3) Pengaruh asing dari barat (4) Sebab psikologi. (5) Sebab Linguistik yaitu karena ada 2 kata yang muncul bersamaan. (6) Kebutuhan akan makna baru. Penelitian gairaigo yang lain dapat dilakukan dengan membandingkan kata dengan bahasa serapan yang lain dan menganalisa pergeseran makna dalam bentuk grafik.

Copyrights © 2015