Jurnal Ilmiah Mahasiswa FIB
Vol 3, No 2 (2015)

PENGARUH MEDIA VISUAL MICROSOFT POWER POINT 2013 PADA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA JEPANG TEMA HOBI TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 MALANG

SETYOWATI, APRILIANA SESARIA (Fakultas Ilmu Budaya Universitas Brawijaya)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2015

Abstract

Kata Kunci : Media, Minat, Media Visual, Microsoft Power Point 2013. Pembelajaran bahasa Jepang khususnya pada tingkat Sekolah Menengah Atas saat ini belum memanfaatkan secara penuh penggunaan media pembelajaran. Minat siswa pada pelajaran bahasa Jepang juga masih sangat kurang dibandingkan dengan pelajaran lain. Hasil dari pembelajarannya juga masih kurang. Dari latar belakang tersebut penulis merumuskan masalah sebagai berikut : 1). Bagaimana minat belajar siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang pada pembelajaran kosakata bahasa Jepang tema hobi menggunakan media Microsoft Power Point 2013, 2). Bagaimana pengaruh media visual Microsoft Power Point 2013 dalam pembelajaran kosakata bahasa Jepang tema hobi pada siswa kelas XI SMA Negeri 6 Malang.Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif, karena pada akhir kesimpulan menggunakan angka, selain itu metode kuantitatif juga lebih baik digunakan untuk mengetahui suatu pengaruh.Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa media pembelajaran Microsoft Power Point 2013 mampu meningkatkan minat siswa dalam belajar bahasa Jepang tema hobi. Hal ini dibuktikan dengan analisis data angket sebesar 95,7 % siswa berminat. Media tersebut juga terbukti sangat berpengaruh pada siswa dengan hasil yang diperoleh pada siklus satu sebesar 69,25 dengan nilai dari beberapa siswa yang kurang. Pada siklus dua terjadi kenaikan prosentase nilai menjadi 87,25. Hasil pada siklus dua tersebut masuk pada kriteria sangat baik sesuai dengan standar penilaian umum.Berdasarkan penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa media Microsoft Power Point 2013 dapat meningkatkan minat belajar bahasa Jepang pada tema hobi, dan juga terbukti sangat berpengaruh karena pada siklus satu dan siklus kedua terdapat selisih rata-rata sebesar 18. Kemudian untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti media pembelajaran sebaiknya menggunakan materi yang mudah di ilustrasikan dengan media pembelajaran tersebut agar siswa tidak merasa bingung.

Copyrights © 2015