Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi
Vol 1, No 1 (2022): Geosfera: Jurnal Penelitian Geografi

Kajian Potensi Geowisata Nagari Silokek sebagai Penunjang Geopark Silokek di Kabupaten Sijunjung

Hary Febrianto (Program Studi Geografi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tamansiswa Padang)
Osronita Osronita (Program Studi Geografi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tamansiswa Padang)
Regina Regina (Program Studi Geografi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Tamansiswa Padang)
M. Iqbal Liayong Pratama (Program Studi Pendidikan Geografi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Gorontalo)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2022

Abstract

Kawasan Geopark Silokek memiliki potensi wisata dengan keunikan tersendiri yang dapat meningkatkan ekonomi masyarakat atau daerah di Kabupaten Sijunjung.  Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi potensi fisik di kawasan Geopark (2) menganalisis potensi geowisata Nagari Silokek. Pada penelitian berdasarkan klasifikasi yang disusun untuk kegiatan geowisata menggunakan metode skoring yang meliputi nilai ilmiah dan intrinsik, nilai edukasi, nilai ekonomis, nilai konservasi serta nilai tambahan lainnya. Kawasan geopark ini secara geologi sangat menarik karena Geopark ini telah melewati 3 (tiga) era dalam skala waktu geologi. Batuan tertua (Paleozoikum) yang diwakili oleh Formasi Kuantan (sebagian telah mengalami proses metaforfosa). Batuan era pertengahan (Mesozoikum) diwakili oleh intrusi magma yang berkomposisi granitic yang membentuk granit. Terkahir batuan muda (Kenozoikum) yang diwakili oleh batuan dari Formasi Ombilin.  Berdasarkan kondisi geologi yang seperti ini pada kawasan Geopark Silokek memperlihatkan topografi yang bervariasi yaitu terbentuknya kawasan eksokarst dan endokarst.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

geojpg

Publisher

Subject

Earth & Planetary Sciences Education Environmental Science Social Sciences

Description

Geosfera : Jurnal Penelitian Geografi (GeoJPG, P-ISSN: 2962-5424, E-ISSN: 2962-5416) is a peer-reviewed journal published by Department of Earth Science and Technology, Universitas Negeri Gorontalo. GeoJPG provides open access to the principle that research published in this journal is freely ...