Jurnal Konseling dan Pendidikan
Inpress 2023

Kontribusi kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan keagamaan terhadap hasil belajar agama Islam

Nurhasnawati Nurhasnawati (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau)
Suhertina Suhertina (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau)
Fitra Herlinda (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau)
Devi Arisanti (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau)
Murny Murny (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau)
Martius Martius (Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim, Riau)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kontribusi kemampuan berpikir kritis dan keterikatan pelajaran agama terhadap hasil belajar Agama Islam. Sampel penelitian ini adalah 116 siswa MTs N 1 Pekanbaru (laki-laki = 30,6%; perempuan = 69,4%). Pengambilan sampel menggunakan teknik sampling insidental (non probability sampling). Data dikumpulkan dengan menggunakan instrument kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan belajar agama islam. Data dianalisis menggunakan analisis regresi linier dengan bantuan aplikasi SPSS 20. Temuan pada penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis (X1) dan ketertarikan belajar agama islam (X2) terhadap hasil belajar agama islam (Y) sebesar 33%. Nilai persamaan regresi: Ŷ = 5.989 + 0.243X1 + 0.330X2, artinya setiap kenaikan satu poin pada kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan, diiringi oleh peningkatan sebesar 0.537 hasil belajar agama islam. Koefisien regresi bernilai positif, sehingga dapat dinyatakan bahwa pengaruh variabel kemampuan berpikir kritis (X1) dan ketertarikan (X2) terhadap hasil belajar agama islam (Y) adalah positif, yang memiliki makna bahwa kenaikan kemampuan berpikir kritis dan ketertarikan dalam belajar agama islam, secara langsung akan meningkatkan hasil belajar agama islam.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jkp

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Konseling dan Pendidikan merupakan jurnal ilmiah dalam bidang keilmuan Bimbingan dan Konseling dan Pendidikan. Jurnal ini diterbitkan oleh Indonesian Institute for Counseling And Education (IICE), merupakan sub lembaga dari perusahaan Multikarya Kons merupakan salah satu Pusat Kajian, Latihan ...