Kinerja: Jurnal Ekonomi dan Manajemen
Vol 18, No 1 (2021): Februari

Pengaruh debt to equity ratio (der) terhadap return on equity (roe) pada sektor perbankan yang terdaftar di bei (periode 2016-2019)

Muhammad Rizal Satria (Politeknik Pos Indonesia)
Rima Sundari (Politeknik Pos Indonesia, Bandung.)



Article Info

Publish Date
04 Feb 2021

Abstract

Perbankan adalah industri yang menangani uang tunai, kredit, jasa keuangan dan transaksi keuangan lainnya.“Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh”antara debt to equity ratio terhadap return on equity secara parsial pada sektor perbankan yang terdaftar di BEI. Metode yang digunakan didalam penelitian adalah metode kuantitatif dengan jenis perumusan masalah asosiatif yang memiliki hubungan sebab akibat (kausal).”Dalam penelitian ini”menggunakan”data sekunder berupa laporan keuangan”perbankan yang terdaftar di BEI. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah sektor perbankan yang berjumlah 44 perbankan yang terdaftar di BEI, serta pengambilan sampel yang dilakukan menggunakan metode nonprobability sampling dengan teknik sampling purposive. Teknik analisis data yang digunakan pada penilitian ini adalah statistik deskriptif, korelasi product moment, koefisien determinasi, regresi linier sederhana dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa debt to equity ratio secara parsial terdapat pengaruh positif yang signifikan terhadap return on equity.”

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

KINERJA

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in January & ...