Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 16, No 2 (2020): November

Strategi kinerja layanan rumah sakit umum di samarinda

Tetra Hidayati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman)
Syarifah Hudayah (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  menganalisis kesenjangan antara kinerja dan harapan pada Rumah sakit  di samarinda. Penelitian ini menggunakan  Important performance Analysis (IPA). Unit analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah pengunjung  dari 5(lima)  rumah sakit umum yang ada di samarinda yaitu Rumah sakit dirgahayu, Rumah sakit Samarinda Medica Citra (SMC), Rumah sakit H. Darjad,  Rumah sakit Rumah sakit AW syahranie dan RS A, Muis dengan jumlah sampel sebanyak 250 orang untuk layanan rawat jalan. Kinerja layanan dianalisis dengan  SERQUAL yang menggunakan lima dimensi yaitu keandalan, keresponsifan, empati, jaminan dan bukti fisik. Hasil analisis menunjukkan bahwa  kesesuaian antara kinerja layanan  dan harapan pelanggan  rumaj sakit di samarinda adalah sebesar pelanggan dengan tingkat kesesuaian85%, kesesuaian antara kinerja dan harapan pelanggan untuk rumah sakit umum daeah sebesar 87% dan kesesuaian kinerja dan harapan pelanggan untuk rumah sakit swasta adalah 84 %.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...