Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 16, No 2 (2020): November

Apakah compatibility dan reputasi aplikasi menjadi penentu perilaku konsumen untuk menggunakan pembayaran seluler?

Femmy Effendy (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ratih Hurriyati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.)
Disman Disman (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.)
Heny Hendrayati (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini menggabungkan Innovation Diffusion Theory (IDT) dan Trust Building Model Theory , variabel compatibility atau kesesuaian dan reputation atau reputasi digunakan untuk mengukur niat dan aktual penggunaan pembayaran seluler yang ada di Indonesia. Hasil uji deskriptif menyatakan bahwa OVO, Go-Pay dan Dana menjadi tiga besar pilihan aplikasi para responden yang diteliti. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Sample yang digunakan adalah sebanyak 143 responden yang didapatkan  dari berbagai kalangan. Data dikumpulkan dengan menggunakan teknik purposive sampling dan dengan instrumen angket dan pengukuran menggunakan  skala semantic deferensial. Pendekatan analisis jalur yang diolah dengan persamaan model struktural menggunakan Lisrel 8.7. Hasil penelitian menunjukkan bahwa compatibility suatu aplikasi berpengaruh signifikan terhadap niat dan aktual penggunaan pembayaran seluler sedangkan reputation  dari aplikasi yang digunakan  tidak berpengaruh secara signifikan terhadap niat dan aktual penggunaan pembayaran seluler. Penelitian ini menyimpulkan bahwa aplikasi yang sesuai dan cocok dengan kebutuhan konsumen akan selalu menjadi produk yang dipilih.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...