Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 16, No 2 (2020): November

Pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di bursa efek indonesia

Irwansyah Irwansyah (Faculty of Economics and Business, Mulawarman University)
Yoremia Lestari (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)
Nurul Fauziah Adam (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Mulawarman, Samarinda.)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ukuran perusahaan dan leverage terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Populasi penelitian berjumlah 13 perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia, kemudian 12 perusahaan selama lima tahun pengamatan dipilih sebagai sampel menggunakan metode purposive sampling sehingga diperoleh 60 data pengamatan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik meliputi analisis statistik deskriptif, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji kelayakan model (uji F), koefisien determinasi serta pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Pengolahan data menggunakan perangkat lunak SPSS versi 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ukuran perusahaan berpengaruh negatif signifikan terhadap agency cost dan leverage berpengaruh positif signifikan terhadap agency cost pada perusahaan otomotif yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama periode 2013-2017. Dengan merujuk pada hasil penelitian ini, perusahaan hendaknya meningkatkan total aset perusahaan dan mengurangi pendanaan melalui hutang agar agency cost dapat berkurang karena agency cost yang rendah merupakan suatu  hal yang sangat penting bagi perusahaan untuk menarik minat investor dan dianggap akan memberikan feedback yang memuaskan bagi investor.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...