Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 16, No 2 (2020): November

Analisis nilai perusahaan sektor barang konsumsi periode 2015-2019

Mutiara Laveda (Ahmad Dahlan University)
Rifki Khoirudin (Ekonomi Pembangunan Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.)



Article Info

Publish Date
07 Nov 2020

Abstract

Selama bertahun-tahun pasar modal mempunyai keistimewaan untuk sejumlah investor dalam mendapatkan uang dari hasil menanamkan investasi pada perusahaan. Seringkali investor melakukan pengamatan laporan keuangan yang dilaporkan oleh perusahaan untuk menilai perusahaan tersebut sehingga investor bisa menilai peluang perusahaan itu dimasa depan. Perusahaan sektor barang konsumsi sebagai objek penelitiannya, hal ini dikarenakan sektor barang konsumsi menjadi sektor industri pemimpin  pada IHSG selama 10 tahun menurut BEI yang mana menjadi sasaran para investor. tujuan penelitian untuk melihat dampak ROE, Ukuran Perusahaan, DER, TATO dan inflasi pada Nilai Perusahaan. Lokasi penelitian dilakukan di BEI periode 2015-2019, dan jenis data yang dipakai yaitu kuantitatif serta tehnik analisa datanya yang digunakan yaitu analisa regresi data panel memakai eviews versi 9.  Hasilnya menyatakan bahwa  secara mandiri variabel  ROE, Ukuran Perusahaan, Total Assets Turn Over dan inflasi tidak mempengaruhi pada Nilai Perusahaan. Sedangkan, variabel DER mempengaruhi pada Nilai Perusahaan.  Secara simultan variabel  ROE, Ukuran Perusahaan, DER, Total Assets Turn Over serta inflasi dengan bersama-sama memberi pengaruh pada Nilai Perusahaan sebesar 5,04%.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...