Inovasi : Jurnal Ekonomi, Keuangan, dan Manajemen
Vol 14, No 1 (2018): Mei

Analisis penerapan standar akuntansi keuangan entitas tanpa akuntabilitas publik (sak etap) pada laporan keuangan koperasi karyawan industri kemasan semen gresik (iksg)

Ayu Muji Sri Sekarwati (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro Jawa Timur)
Nurul Mazidah (Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Cendekia Bojonegoro, Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
25 May 2018

Abstract

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan menggunakan data primer berupa dokumen dan wawancara dengan pengurus KopKar IKSG dan pihak dari Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Tuban guna mendapatkan informasi lebih dalam tentang kebijakan dan perhitungan yang digunakan sebagai dasar untuk menyusun laporan keuangan KopKar IKSG. Hasil penelitian sementara, KopKar IKSG belum sepenuhnya menerapkan ketentuan yang ada dalam SAK ETAP. Hal ini dibuktikan dengan adanya elemen laporan keuangan yang tidak disajikan oleh KopKar IKSG dan perlakuan pada sebagian pos yang sudah sesuai dengan ketentuan SAK ETAP, serta sebagian pos yang belum sesuai dengan ketentuan SAK ETAP. Berdasarkan kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian, maka saran yang diberikan KopKar IKSG perlu menerapkan SAK ETAP secara utuh sebagai dasar acuan laporan keuangannya melihat dari pergerakan usaha yang mengalami kenaikan selama lima tahun terakhir serta mengingat rencana pengembangan usaha KopKar IKSG yang ingin membuat perseroan terbatas.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

INOVASI

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Other

Description

INOVASI: Jurnal ekonomi, keuangan dan manajemenis a scientific journal in the field of economics and management published twice a year (in April & ...