Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan pemecahan masalah matematik siswa di kelas VIII-A SMP Advent 2 Medan melalui pendekatan Problem Centered Learning (PCL). Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu kelas VIII-A dengan jumlah siswa 26 orang. Objek penelitian adalah peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa dengan menerapakan pendekatan Problem Centered Learning. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi dan tes. Observasi terdiri dari observasi untuk guru dan observasi untuk siswa. Tes yang diberikan yaitu tes pengetahuan materi prasyarat, tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa siklus I dan tes kemampuan pemecahan masalah matematik siswa siklus II. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 68,61. Jumlah siswa yang tuntas pada siklus I yaitu 12 orang, secara klasikal belum mencapai 75% maka dilanjutkan pada siklus II. Hasil observasi aktivitas guru pada siklus II adalah 81,66% (baik sekali), observasi aktivitas siswa 81,76% (baik sekali) dan siswa yang sudah mencapai KKM adalah 22 orang (84,62%), siswa yang tidak mencapai KKM adalah 4 orang (15,38%) dan rata-rata nilai siswa pada siklus II adalah 80,77. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Problem Centered Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematik siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel di kelas VIII-A SMP Advent 2 Medan.
Copyrights © 2022