Inquiry: Jurnal Ilmiah Psikologi
Vol 13 No 02 (2022)

Penerapan Mindfulness Based Art Therapy (Mbat) terhadap Gejala Depresi yang Dialami Mahasiswa di Universitas Paramadina:

Dinar Saputra (Unknown)
Dwita Prianti (Unknown)
Alifia Ulie Mizana Hadori (Unknown)
Alfina Ramadhini (Unknown)
Gusti Ayu Paramitha Dewi (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat efektivitas MBAT (mindfulness based art therapy) untuk mereduksi gejala depresi yang dialami mahasiswa. MBAT merupakan salah satu pendekatan terapi yang menggabungkan elemen inti dari kurikulum Mindfulness Based Stress Reduction (MBSR) dengan pendekatan art therapy. Responden penelitian ini berjumlah dua orang mahasiswa dengan gejala depresi pada level sedang atau berat. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Explanatory Mixed Methods Design dengan teknik pengumpulan data melalui Pretest-Posttest Control One Case Study Design. Pada penelitian ini, self-report yang digunakan adalah Beck Depression Inventory II (BDI-II) untuk mengukur gejala depresi, dan Mindfulness Attention Awareness Scale (MAAS) untuk menilai perhatian/kesadaran individu dalam keadaan penuh perhatian (mindful states) di dalam suatu situasi. Hasil penelitian ini menunjukan adanya penurunan gejala depresi dan juga peningkatan kesadaran (mindfulness) setelah diberikan intervensi MBAT selama 10 sesi pada kedua responden.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

inquiry

Publisher

Subject

Education Environmental Science Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Psikologi Inquiry ISSN 1979-7273 (Print); ISSN 2540-9255 (Online) diterbitkan oleh program studi psikologi Universitas Paramadina yang mengakomodir publikasi karya ilmiah baik yang bersifat penelitian lapangan, review buku, tinjauan teoretik atau inovasi teoretik dalam bidang psikologi ...