Jurnal Agro Wiralodra
Vol. 6 No. 1 (2023): Jurnal Agro Wiralodra

Efektivitas Pestisida Nabati Ekstrak Daun Mimba (Azadirachta Indica) Dan Srikaya (Annona Squamosa Linn) Untuk Mengendalikan Hama Belalang Kembara (Locusta Migratiria Minilensis Mayen)

Yonce Melyanus Killa (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Adelita P Maranda (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)
Maya Rambu Hana (Universitas Kristen Wira Wacana Sumba)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Belalang kembara (Locusta migratoria manilensis Meyen) (Orthoptera:Acrididae) adalah salah satu hama penting dan selalu merusak tanaman budidaya di pulau sumba. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas pestisida nabati ekstrak daun mimba dan daun srikaya terhadap mortalitas dan penurunan aktivitas makan dari hama belalang kembara. Penelitian menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), dengan perlakuan ekstrak daun mimba dan daun srikaya yaitu Kontrol dengan 100% air, DM25% dengan 25 ml ekstrak daun mimba + 75 ml air, DM50% dengan 50 ml ekstrak daun mimba + 50 ml air, DS25% dengan 25 ml ekstrak daun srikaya + 75 ml air dan DS50% dengan 50 ml ekstrak daun srikaya + 50 ml air. Variabel pengamatan dari penelitian ini adalah motalitas hama dan penurunan aktivitas makan serangga. Hasil penelitian menunjukkan aplikasi pestisida nabati daun mimba efekti dan efisien terhadap mortalitas hama belalang kembara dengan 95% dan memiliki daya penurunan aktivitas makan sebesar 80% dengan bobot daun jagung yang tersisa 9 gram.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

agrowiralodra

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology

Description

Jurnal Agro Wiralodra adalah media komunikasi, informasi, edukasi dan pembahasan masalah yang berkaitan dengan teknologi terapan dalam bidang Agroteknologi dengan tema Agronomi, Ilmu Tanah, Pemuliaan Tanaman dan Hama & Penyakit Tanaman. Diterbitkan setiap 6 (enam) bulan pada bulan Januari dan Juli. ...