Salah satu permasalahan pendidikan tinggi adalah kurangnya minat siswa SMA untuk meneruskan studi ke program studi yang berkaitan dengan pertanian. Banyak sekali faktor yang diduga mempengaruhinya, baik itu dari masyarakat, pemerintah atau industri. Terlepas dari pengaruh kebijakan pemerintah terhadap pendidikan tinggi dan ekonomi ketenagakerjaan, pengelola program studi pertanian harus melihat hal ini sebagai tantangan dengan melakukan upaya-upaya yang diperlukan. Salah satu pendekatan kreatif dan diharapkan memberikan solusi adalah pendekatan pemasaran, khususnya pendekatan ekuitas merek. Obyek pertanian yang dipilih adalah Program Studi Agribisnis, Agroteknologi dan Pertanian Universitas Padjadjaran (Unpad). Kelompok responden yang dipilih siswa SMA Kota Bandung. Hasil penelitian menyatakan bahwa ekuitas merek program studi dimaksud tidaklah tinggi. Faktor promosi, lokasi dan citra sosial adalah faktor-faktor yang signifikan mempengaruhi persepsi siswa terhadap ekuitas merek Program Studi Agribisnis, Agroteknologi dan Peternakan Unpad. Penelitian ini menggunakan partial least square (PLS) dalam menganalisis data dan menspesifikasi hubungan antar variabel di dalamnya.
Copyrights © 2014