Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya fenomena menurunnya kompetensi lulusan SMPN Wilayah III Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verificatif. Teknik sampling yang digunakan ialah stratified random sampling dengan sampel sebanyak 266 responden. Hasil analisis dengan  menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Wilayah III Cirebon, ditandai dengan meningkatnya hasil yang dicapai, mencakup APK, rata-rata nilai UN, rata-rata melanjutkan ke SLA non RSBI dan RSBI, terdapat keeratan hubungan antar faktor-faktor organisasi sekolah dengan hubungan sangat rendah dan moderat, secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dari semua faktor organisasi sekolah terhadap kompetensi guru. Secara parsial, budaya sekolah memiliki pengaruh paling dominan dibanding yang lainnya, adanya pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru terhadap kinerja guru dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kinerja guru terhadap kompetensi lulusan.
Copyrights © 2014