Trikonomika: Jurnal Ekonomi
Vol 13, No 2 (2014): Desember 2014

Analisis Kompetensi Lulusan melalui Kinerja Guru di SMPN Wilayah III Cirebon

Juniarti, Atty Tri ( Fakultas Ekonomi Universitas Pasundan Jl. Tamansari No. 6-8, Bandung 40116)
Sukartini, Titien ( Fakultas Pendidikan Dasar Universitas Majalengka Jl. K. H. Abdul Halim, No. 103, Kec. Majalengka, Jawa Barat)



Article Info

Publish Date
06 May 2015

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan atas dasar adanya fenomena menurunnya kompetensi lulusan SMPN Wilayah III Cirebon. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dan verificatif. Teknik sampling yang digunakan ialah stratified random sampling dengan sampel sebanyak 266 responden. Hasil analisis dengan  menggunakan analisis jalur menunjukkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Wilayah III Cirebon, ditandai dengan meningkatnya hasil yang dicapai, mencakup APK, rata-rata nilai UN, rata-rata melanjutkan ke SLA non RSBI dan RSBI, terdapat keeratan hubungan antar faktor-faktor organisasi sekolah dengan hubungan sangat rendah dan moderat, secara simultan, terdapat pengaruh yang signifikan dari semua faktor organisasi sekolah terhadap kompetensi guru. Secara parsial, budaya sekolah memiliki pengaruh paling dominan dibanding yang lainnya, adanya pengaruh yang signifikan dari kompetensi guru terhadap kinerja guru dan terdapat pengaruh yang signifikan dari kinerja guru terhadap kompetensi lulusan.

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

trikonomika

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

FOCUS AND SCOPE Trikonomika invites academics and researchers who do original research in the fields of economics, management and accounting, including but not limited to: Development Economics Monetary Economics, Finance and Banking International Economics Public Economics Economic development ...