Theorems (The Original Research of Mathematics)
Vol 7, No 2 (2023)

Pengembangan Bahan Ajar Matematika Beroerientasi High Order Thinking Skill (HOTS) Matematika yang Memfasilitasi Kecerdasan Emosional Dan Kecerdasan Spritual

Dedi Nurjamil (Universitas Siliwangi)
Asep Saepulloh (Universitas Siliwangi)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Bahan ajar merupakan bahan pembelajaran yang didesain oleh guru agar pelaksanaan pembelajaran dapat berjalan dengan baik sehingga mampu mencapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk bahan ajar matematika yang berorientasi HOTS dan memfasilitasi kecerdasan emosional dan spritual. Penelitian  ini  termasuk  jenis  penelitian  pengembangan,  menggunakan tiga tahap model 4-D  yang dikembangkan oleh  (Thiagarajan, 1974)  yang meliputi pendefinisian (define), perancangan (design), dan pengembangan (develop) dengan  modifikasi  peneliti.  Tahap  disseminate  (penyebarluasan) pada model 4-D tidak dilakukan karena terbatasnya waktu dan biaya. Peneliti mengembangkan bahan ajar matematika pada materi program linier untuk materi di SMK. Penelitian   ini   dilakukan   di   SMK Galuh Rahayu Kecamatan   Sindangkasih Kabupaten Ciamis kelas XI. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2022-2023. Berdasarakan hasil pengembangan bahan ajar pada mata pelajaran matematika kelas XI SMKS Galuh Rahayu Sindangkasih menunjukan bahwa bahan ajar tersebut valid digunakan dalam pembelajaran matematika materi program linier, kemudian efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa dan terakhir praktis digunakan dalam pembelajaran

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

th

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Journal of THEOREMS (The Original Research of Mathematics) published by Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Majalengka, that contains writings from innovative and relevant research and conceptual studies related to mathematics and / or the ...