Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper)
Vol 8, No 1 (2023): Januari 2023

Pengaruh Pemberian Penghargaan dan Hukuman terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kearsipan (Studi Pada kelas X Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di Sekolah Menegah Kejuruan Negeri 1 Sogaeadu)

Windi Niat Clarita Halawa (Windi Niat Clarita Halawa (Universitas Pendidikan Indonesia), Indonesia)
Nani Sutarni (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
25 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Sogaeadu yang masih belum optimal. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu pemberian penghargaan (X1), pemberian hukuman (X2) dan prestasi belajar (Y). Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) tingkat efektifitas pemberian penghargaan, (2) tingkat efektivitas pemberian hukuman, (3) gambaran tingkat prestasi belajar siswa, (4) pengaruh pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, (5) pengaruh pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa dan (6) pengaruh pemberian penghargaan dan pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sogaeadu.  Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 72 orang siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sogaeadu dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.Berdasarkan hasil Penelitian, (1) tingkat efektivitas pemberian penghargaan berada pada kategori efektif, (2) tingkat efektivitas pemberian hukuman berada pada kategori cukup efektif, dan (3) tingkat prestasi belajar berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (4) pemberian penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (5) pemberian hukuman berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan (6) pemberian penghargaan dan pemberian hukuman secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jpmanper

Publisher

Subject

Social Sciences Other

Description

This journal publishes research results on topics related to the teaching and learning of Office Management Education and other relevant fields of study, especially those carried out in the contexts of Vocational High Schools, higher education institutions, and workplaces. Major topics covered in ...