Penelitian ini mengkaji permasalahan mengenai pencapaian prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan di SMK Negeri 1 Sogaeadu yang masih belum optimal. Penelitian ini terdiri dari tiga variabel yaitu pemberian penghargaan (X1), pemberian hukuman (X2) dan prestasi belajar (Y). Tujuan dari Penelitian ini yaitu untuk mengetahui (1) tingkat efektifitas pemberian penghargaan, (2) tingkat efektivitas pemberian hukuman, (3) gambaran tingkat prestasi belajar siswa, (4) pengaruh pemberian penghargaan terhadap prestasi belajar siswa, (5) pengaruh pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa dan (6) pengaruh pemberian penghargaan dan pemberian hukuman terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Kearsipan kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sogaeadu. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survei eksplanasi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara menyebarkan angket kepada 72 orang siswa kelas X OTKP di SMK Negeri 1 Sogaeadu dengan model skala likert. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi ganda.Berdasarkan hasil Penelitian, (1) tingkat efektivitas pemberian penghargaan berada pada kategori efektif, (2) tingkat efektivitas pemberian hukuman berada pada kategori cukup efektif, dan (3) tingkat prestasi belajar berada pada kategori rendah. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: (4) pemberian penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar (5) pemberian hukuman berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar dan (6) pemberian penghargaan dan pemberian hukuman secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
Copyrights © 2023