Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Pengaruh Model Pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) Terhadap Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik

Dian Nawawulan (Unknown)
Siti Istiningsih (Unknown)
Baiq Niswatul Khair (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Kemampuan membaca pemahaman peserta didik masih tergolong rendah. Salah satu faktor yang mempengaruhinya ialah penggunaan model pembelajaran yang masih kurang variatif, guru masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition)  terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 07 Woja. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode penelitian eksperimen jenis Quasi Eksperimental Desagn dengan  tipe Non Equivalen Control Group Design. Populasi dalam peneliatian ini adalah seluruh perserta didik kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Probability Sampling sehingga sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas V A dan peserta didik kelas V B SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Uji instrumen menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Metode analisis data yang digunakan adalah uji t-test dengan uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Setelah dilakukan analisis diperoleh hasil nilai sig adalah 0,001 dengan kaidah keputusan jika nilai probabilitas sig 2-sides < 0,05 maka diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh penerapan model pembelajaran CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik Kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) berpengaruh terhadap kemampuan membaca pemahaman peserta didik kelas V SDN 07 Woja Kabupaten Dompu.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...