Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang
Vol. 8 No. 2 (2022): Volume 08 No 02, Desember 2022

PENGEMBANGAN LKPD MATERI MANFAAT ENERGI MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BAGI SISWA KELAS IV SD

Ajeng Wuri Puspita Lusia (PGSD Universitas Sanata Dharma)
Puji Purnomo (PGSD Universitas Sanata Dharma)
Galih Kusumo (Universitas Sanata Dharma)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan LKPD materi manfaat energi menggunakan model pembelajaran berbasis masalah untuk menumbuhkan keterampilan berpikir kritis bagi siswa SD. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Pengembangan produk dilakukan dengan menerapkan Langkah pengembangan ADDIE yang terdiri dari analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk LKPD yang dikembangkan berdasarkan penilaian ahli berkualitas sangat baik dengan rata-rata penilaian sebesar 3.58. Hasil uji coba menunjukkan bahwa produk LKPD yang dikembangkan efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Hal ini nampak dari peningkatan rata-rata skor keterampilan berpikir kritis siswa SD saat uji coba meningkat dari 2,18 (rendah) menjadi 3,22 (tinggi).

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

didaktik

Publisher

Subject

Education

Description

Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang adalah salah satu jurnal yang dterbitkan oleh STKIP Subang, jurnal ini mempunyai bidang cakupan yaitu Penelitian Pendidikan. Terbit pada bulan Juni dan Desember setiap tahunnya. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang melalui proses review oleh dua ...