Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara
Vol 14 No 2 (2023): Transformasi Pendidikan untuk Penguatan Profesi

Analisis Bibliometrik Perkembangan Pembelajaran Online dengan Aplikasi Zoom Menggunakan VOSViewer

Dinda Rizki Lestari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Winny Josephine (Universitas Pendidikan Indonesia)
Asep Nuryadin (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis perkembangan publikasi-publikasi terkait pembelajaran online dengan aplikasi zoom. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis blibiometrik dengan menggunakan aplikasi VOSViewer. Data publikasi dikumpulkan menggunakan aplikasi Publish or Perish untuk memperoleh data artikel pada jurnal-jurnal yang terindeks Google Scholar. Diperoleh data sebanyak 240 artikel yang relevan dari rentang tahun 2019 sampai 2022. Pada tahun 2019 sebanyak 3 artikel, 2020 sebanyak 55 artikel, 2021 sebanyak 115 artikel, dan tahun 2022 sebanyak 67 artikel Hasil penelitian menunjukan bahwa telah terjadi perkembangan penelitian terkait pembelajaran online dengan aplikasi zoom pada 4 tahun terakhir ini (2019-2022). Perkembangan penelitian mengalami peningkatan pada tahun 2019 sampai tahun 2021 dan mengalami penurunan pada tahun 2022. Topik yang baru-baru ini sering dibahas selain kata kunci yang digunakan dalam pencarian adalah media, assessment, student motivation, skill, strategy, course, dan mathematics. Namun, terdapat beberapa topik, seperti assessment, child, integrations, dan foreign language yang masih jarang dibahas, sehingga dapat menjadi bahan bagi peneliti lain untuk mengembangkan penelitian berdasarkan topik tersebut.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jip

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP) STKIP Kusuma Negara is a multi-disciplinary national academic publication with internet access followed by peers qualified to disseminate state of the art knowledge in education, teaching development, instructional projects and inventions, learning methodologies, and new ...