Jurnal Statistika dan Matematika (Statmat)
Vol 4, No 2 (2022)

PENENTUAN CURAH HUJAN MENGGUNAKAN RANTAI MARKOV DI BEBERAPA DAERAH PROVINSI BANTEN

Ahmad Shulhany (Fakultas Teknik, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung.)
Andi Fitriawati (Program Studi Sains Aktuaria, Jurusan Sains, Institut Teknologi Sumatera. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung.)
Dina Prariesa (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung.)
Yoshua Yeremy Budiman (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung.)
Karina Ayudhia Sasmito (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Institut Teknologi Bandung.)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Rantai markov merupakan salah satu model proses stokastik yang menyatakan bahwa peluang keadaan yang akan datang , hanya dipengaruhi oleh peluang keadaan terdekat sebelumnya yaitu . Salah satu penerapan dari Rantai Markov adalah penentuan curah hujan berdasarkan data yang diperoleh. Pengamatan untuk Rantai Markov dengan tiga keadaan diperoleh dari website NASA Prediction of Worldwide Energy Resource. Data yang diperoleh adalah data curah hujan di beberapa daerah di Provinsi Banten, yaitu Kota Cilegon, Kota Serang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan, Kabupaten Serang, Kabupaten Lebak, Kabupaten Pandeglang, dan Kabupaten Tangerang. Dari data tersebut, ditentukan matriks transisi satu langkah yang diperoleh. Matriks transisi tersebut diolah menggunakan perkalian matriks biasa, memanfaatkan nilai eigen, serta rumus khusus untuk menghitung matriks transisi dengan n langkah. Penentuan distribusi peluang Rantai Markov  langkah dengan tiga keadaan dilakukan dengan pengamatan kekonvergenan peluang transisi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

sm

Publisher

Subject

Computer Science & IT Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance Mathematics Other

Description

P-ISSN : 2655-3724 E-ISSN : 2720-9881 Jurnal Statmat UNPAM: Jurnal Statistika dan Matematika Universitas Pamulang is a means of publication of scientific articles and research with concentrations of Statistics, Pure Mathematics, Applied Mathematics, Computational Mathematics, Educational ...