Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan
Vol. 18 No. 2 (2022): Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan

RESPONS DAN TINGKAT KESUKAAN KELOMPOK WANITA TANI TERHADAP PEMBUATAN BROWNIES UMBI TALAS (Colocasia esculenta L.): Response and Preference Level of Farmer Women Group on the Production of Taro Brownies (Colocasia sculenta L.)

Munira Munira (Jurusan Pertanian, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa)
A. Farhanah (Unknown)
Ummu Aimanah (Unknown)
Hardianti Hardianti (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Brownies merupakan suatu cake yang terbuat dari empat bahan dasar yaitu, tepung terigu, lemak, gula dan telur yang membedakan hanya dengan ditambahkan coklat batang yang dicairkan dan coklat bubuk. Brownies juga termasuk makanan yang sangat disukai dan digemari oleh kalangan anak-anak, dewasa sampai orang tua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui; 1) bagaimana pembuatan brownies umbi talas dan 2) mengetahui tingkat perubahan pengetahuan dan keterampilan kelompok wanita tani terhadap pembuatan brownies umbi talas. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan 4 perlakuan, yaitu P0; 140 gram umbi talas tanpa terigu, P1; umbi talas 100 gram dan tepung terigu 40 gram, P2; umbi talas 90 gram dan tepung terigu 50 gram, P3; umbi talas 80 gram dan tepung terigu 60 gram. Parameter dalam penelitian ini adalah (tekstur, aroma, rasa, dan after talas taste). Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Uji Anova (Analisis Of Varians) dan dilanjutkan dengan Uji BNT (Beda Uji Terkecil) untuk menetukan takaran terbaik pada setiap perlakuan. Hasil penelitian menunjukkan bawha takaran terbaik pada pembuatan brownies umbi talas ialah 80 gram dan 60 gram tepung terigu. Hasil evaluasi menunjukkan bawa adanya peningkatan pengetahuan 42,4%, sikap 32,2% dan keterampilan 35,6% terhadap pembuatan brownies umbi talas.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

J-Agr-Sosekpenyuluhan

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Agrisistem: Seri Sosek dan Penyuluhan merupakan jurnal yang memuat publikasi hasil-hasil penelitian di bidang pertanian dan peternakan yang meliputi topik: Sosial Ekonomi Penyuluhan ...