Jurnal Al Ulum: LPPM Universitas Al Washliyah Medan
Vol. 11 No. 1 (2023): Jurnal Al Ulum: LPPM Universitas Al Washliyah Medan

RANCANG BANGUN SWITCH CONTROL THERMOSTAT PADA WATER HEATER KAPASITAS 10 LITER DENGAN DAYA 300 WATT

Antonius Managam Simamora (Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Darma Agung, Jl. DR.TD Pardede No.21,Petisah Hulu, Medan. Telp/fax : 061-4535631)
Kolombus Siringo- ringo (Prodi Teknik Elektro, Fakultas Teknik Universitas Darma Agung, Jl. DR.TD Pardede No.21,Petisah Hulu, Medan. Telp/fax : 061-4535631)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2023

Abstract

Untuk mempertahankan agar pemanasan dan pendinginan air terkendali sesuai yang diharapkan dibutuhkan mendeteksi suhu sistem fisik dan melakukan tindakan sehingga suhu sistem bisa dipertahankan mendekati titik yang diinginkan. Thermostat digunakan di perangkat atau sistem apa pun yang memanaskan atau mendinginkan hingga titik suhu yang dibutuhkan, termasuk kebutuhan pemanasan ruang gedung, pemanas sentral, AC, sistem HVAC, pemanas air, serta peralatan dapur termasuk oven dan lemari es serta inkubator medis. Dalam literatur ilmiah, perangkat ini sering diklasifikasikan secara luas sebagai beban yang dikontrol secara thermostatik (TCL). Thermostat merupakan suatu perangkat yang dapat memutuskan dan menyambungkan arus listrik pada saat mendeteksi perubahan suhu di lingkungan sekitarnya sesuai dengan pengaturan suhu yang ditentukan. Pada umumnya, Thermostat yang digunakan saat ini dapat kita bedakan menjadi dua jenis utama yaitu Thermostat Mekanikal dan Thermostat Elektronik. Sifat dari thermostat akan mengendalikan suhu sekitar. Jadi pada saat terlalu dingin, maka thermostat akan menyalakan pemanasnya sehingga suhu menjadi tetap hangat. Perangkat pendeteksi suhu ini banyak digunakan di perangkat-perangkat listrik seperti Oven, Kulkas, Air Conditioner (AC), pengendalian suhu mesin di mobil dan Seterika. Melihat permasalahan di atas peneliti merancang sebuah penelitian yang berjudul Rancang Bangun Switch Control Thermostat Pada Water Heater Kapasitas 10 Liter Dengan Daya 300 Watt menggunakan energi dari sumber listrik 220 AC.).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

alulum

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Chemical Engineering, Chemistry & Bioengineering Economics, Econometrics & Finance Industrial & Manufacturing Engineering Mechanical Engineering

Description

Jurnal Al Ulum: LPPM Universitas Al Washliyah Medan (P-ISSN: 2338-5391, E-ISSN: 2655-9862) is peer-reviewed journal publishes twice in the year (January and July) by Universitas Al Washliyah, Medan. The focus of journal is to publish current original research on Science and Technologi. publish ...