Jurnal Arastirma
Vol 3, No 1 (2023): JURNAL ARASTIRMA

Place Branding Eduwisata Kampung Cabe: Sebuah Rekomendasi

Andriyani Hapsari (Universitas Pamulang)
Nani Nani (Universitas Pamulang)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan strategi bagi Kampung Cabe untuk membangun place branding sebagai daerah tujuan wisata. Mengingat desa ini selalu diasosiasikan sebagai desa miskin.Metode. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan eksploratori. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, penyebaran kuesioner dan studi literatur pada berbagai sumber ilmiah. Hasil. Dari penelitian ini dapat dirumuskan bahwa terdapat tiga tahapan yang harus dilakukan untuk membangun place branding, yaitu pertama mendefinisikan kembali identitas pada nilai dan produk yang ingin disampaikan, meningkatkan keterlibatan masyarakat, dan membangun kemitraan pentahelix antara pemerintah, masyarakat, akademisi, pelaku usaha, dan media masaImplikasi. Hasil dari penelitian ini dapat bermanfaat dalam pengembangan ilmu manajemen pemasaran, khususnya dalam mengembangkan branding daerah tujuan wisata yang memiliki latar belakang kurang beruntung.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Jaras

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Economics, Econometrics & Finance

Description

JURNAL ARASTIRMA adalah jurnal ilmiah yang meliputi kajian di bidang Sumber Daya Manusia, Pemasaran dan Keuangan yang diterbitkan oleh Program Studi Manajemen Universitas Pamulang, Tangerang Selatan Banten. JURNAL ARASTIRMA secara teratur diterbitkan 2 (dua) kali dalam 1 (satu) tahun, yaitu pada ...