IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT
Vol 1, No 1: Pengabdian Kepada Masyarakat | Januari 2021

Pelatihan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Team Achievement Division) Untuk Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Di SMP Negeri 1 Torgamba

Nurlina Ariani Hrp (Unknown)
Laili Habibah Pasaribu (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Labuhanbatu)
Amin Harahap (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Labuhanbatu)
Islamiani Sahfitri (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Labuhanbatu)
Melinda Melinda (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Labuhanbatu)
Mahdalena Mahdalena (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Labuhanbatu)
Olivia Dwi Chanda (Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Labuhanbatu)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2021

Abstract

Pembelajaran model Student Teams Achievement Division mampu menciptakan pembelajaran yang aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan bagi siswa, pembelajaran jadi menyenangkan karena adanya penghargaan timyang membuat siswa termotivasi untuk belajar. Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division) terhadap kemampuan penalaran matematis siswa pada materi limas kelas VIII SMP negeri 1 torgamba tahun ajaran 2019/2020. Jenis Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini adalah pelatihan dan penerapan dengan subjek adalah guru dan sampel penerapan Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Torgamba yang terdiri dari 6 kelas dengan jumlah seluruhnya 176 siswa. Didapat sampel untuk Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini kelas VIII-3 sebagai kelas kontrol dengan jumlah 26 siswa. Untuk kelas VIII-4 sebagai kelas eksperimen dengan jumlah 26 siswa yang diberi perlakuan model pemebelajaran kooperatif tipe STAD (Student Team Achievement Division). Data rata-rata pre-test kelas eksperimen yaitu 57,692 dan rata-rata pre-test kelas kontrol yaitu 66,423 Setelah diberikan perlakuan pada masing-masing kelas diperoleh data rata-rata post-test pada kelas eksperimen sebesar 78,615 dan kelas kontrol sebesar 82,885. Pada kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 20,923 dan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 16,462. Dan untuk tingkat persentase keaktifan belajar siswa dapat dilihat dari 5 aspek yang diamati dari setiap siswa. Aspek pertama, ketiga, keempat, kelima persentasenya < 50 % siswa yang melaksanakannya. Sedangkan aspek kedua persentasenya > 50 % siswa yang melaksanakannya.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

ikabinaenpabolo

Publisher

Subject

Aerospace Engineering Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Public Health

Description

IKA BINA EN PABOLO : PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT adalah Jurnal hasil Pengabdian kepada Masyarakat yang di hasilkan oleh civitas Akademika Universitas Labuhanbatu yang terbit 2 kali dalam setahun yaitu bulan Januari dan Bulan Juli yang merupakan hasil pengabdian yang dilakukan oleh Dosen dan ...