Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar selalu mengalami perubahan khususnya pembelajaran pascapandemi yang menuntut siswa dan guru untuk beradaptasi terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Hal ini menyebabkan guru tidak fokus dalam mendesain pembelajaran untuk dapat membekali keterampilan abad 21 pada siswa dan siswa masih sulit untuk beradaptasi dengan materi dan waktu pelaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis di lapangan maka dilakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pengenalan pembelajaran flip classroom. Desain pembelajaran flip classroom dilatihkan untuk dapat meningkatkan efektivitas pembelajaran pascapandemi dalam aspek waktu dan capaian pembelajaran. Kegiatan ini menggunakan metode partisipasi dan diskusi, serta praktek desain pembelajaran. Pelaksanaan program pengabdian ini mencakup beberapa tahap kegiatan yakni tahap persiapan materi, tahap pelaksanaan program dan tahap evaluasi kegiatan. Pelaksanaan program dilakukan di SMP N 2 Magelang dalam forum musyawarah guru mata pelajaran (MGMP) IPA Kota Magelang dengan 33 orang guru. Hasil evaluasi kegiatan secara umum bernilai baik baik kebermaknaan program maupun respon terhadap materi dan penguasaan materi tim pengabdian.
Copyrights © 2022