Jurnal Karajata Engineering
Vol 3 No 1 (2023): 2023

STUDI KELAYAKAN AGREGAT KASAR DAN AGREGAT HALUS (STUDY KASUS: AGREGAT KASAR GUNUNG BUCCUMPARE DAN AGREGAT HALUS SUNGAI LASAPE)

Nurfitriana (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Hakzah (Universitas Muhammadiyah Parepare)
Hamsyah (Universitas Muhammadiyah Parepare)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Gunung Buccumpare terletak di Desa Teppo Kabupaten Sidenreng Rappang. Material yang melimpah digunakan sebagai agregat untuk kebutuhan konstruksi di berbagai daerah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik agregat, mix design, kuat tekan beton, dan kuat tarik belah beton. Metode eksperimental yang digunakan dalam penelitian ini yaitu di Laboratorium Universitas Muhammadiyah Parepare yang dilaksanakan selama kurang lebih dua bulan dari Maret sampai Mei 2022 dan dianalisis sesuai dengan Standar Nasional Indonesia. Hasil mix design yang didapat rata-rata berat isi pasir 635 kg, agregat kasar 1077,8 kg, semen 429,2 kg, dan air 203 kg. Nilai rata-rata yang didapat pada uji kuat tekan beton pada umur 7 hari 26 MPa, 14 hari 29,70 MPa, 21 hari 30,83 MPa, dan 28 hari 31,68 MPa. Berdasarkan pengujian kuat tarik belah didapatkan nilai rata-rata 4,22 MPa. Hasil pengujian kuat tekan dan kuat tarik belah beton K-250 mengalami peningkatan setiap variasi, sehingga memenuhi spesifikasi untuk digunakan, dan sudah memenuhi <15% dari kuat tekan beton.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

karajata

Publisher

Subject

Civil Engineering, Building, Construction & Architecture

Description

JURNAL KARAJATA ENGINEERING adalah jurnal ilmiah pada bidang Teknik Sipil yang diterbitkan oleh Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Parepare. Jurnal KARAJATA ENGINEERING berisi tulisan yang diangkat dari hasil penelitian pada bidang Teknik Sipil yang mencakup bidang penelitian Struktur, ...