DIMASATRA
Vol 2, No 2 (2022): APRIL

PEMANFAATAN APLIKASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN BAHASA

Ruhaliah Ruhaliah (Universitas Pendidikan Indonesia)
Oleh Solehudin (Universitas Pendidikan Indonesia)
Retty Isnendes (Universitas Pendidikan Indonesia)
Hernawan Hernawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Ade Sutisna (Universitas Pendidikan Indonesia)
Dian Hendrayana (Universitas Pendidikan Indonesia)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Adanya pandemik sejak bulan Maret 2020 menyebabkan guru harus kreatif agar proses belajar-mengajar tetap berlangsung tetapi tidak menjadi beban berat bagi semua pihak. Untuk mengatasinya berbagai kegiatan dilaksanakan secara daring (online). Tetapi kegiatan ini kadang-kadang menyebabkan kejenuhan. Segi positifnya menimbulkan kreativitas agar berbagai kegiatan tetap berlangsung, termasuk dalam bidang pendidikan dan pengajaran. Tujuan penulisan ini adalah untuk menjelaskan berbagai aplikasi digital yang dapat digunakan dalam pembelajaran bahasa, baik yang berkaitan dengan empat keterampilan berbahasa maupun secara umum, yang dapat dimanfaatkan dalam kegiatan blended learning atau hybrid learning. Metode yang digunakan yaitu deskriptif. Hasilnya didapat pengelompokan aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan berdasarkan empat keterampilan berbahasa. Tetapi ada juga aplikasi yang dapat digunakan tanpa klasifikasi tersebut.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

dimasatra

Publisher

Subject

Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

DIMASATRA: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat memuat kajian terkait pengabdian masyarakat dari berbagai bidang ilmu. Ruang lingkup jurnal ini di antaranya meliputi Knowledge Transfer for Community Development, Pendidikan kemasyarakatan, Aktualisasi Kearifan dan Budaya Lokal, Transfer Teknologi bagi ...