Tujuan dari penelitian ini untuk menilai efektivitas, efisiensi dan ekonomis sistem operasional manajemen pemasaran KPM pada PT Central Santosa Finance Cabang Samarinda. Metode penelit ian dalam management audit ini adalah metode kualitatif. Dan alat analisis yang dipergunakan adalah dekriptif yaitu dengan menjabarkan dan menguraikan hasil-hasil penelitian yang berupa penjelasan, yang didukung oleh teori-teori serta pengamatan di lapangan yang dititikbertakan pada penilaian efektivitas, efisiensi dan ekonomis atas fungsi pemasaran KPM. Langkah analisis dalam penelitian ini terdiri atas survey pendahuluan, penelaahan dan pengujian atas sistem pengendalian manajemen, pengujian terinci, dan pengembangan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa biaya yang dikeluarkan untuk kegiatan operasional (biaya bonus) dealer dan biaya dalam mendapatkan sumber daya (biaya insentif) karyawan menunjukkan keadaan yang sangat efisien dan ekonomis. Namun untuk kegiatan penjualan KPM menunjukkan keadaan yang kurang efektif. Hal ini merupakan akibat dari kurang optimalnya kegiatan promosi sebagai penunjang untuk meningkatkan volume penjualan serta persaingan dengan beberapa perusahaan sejenis yang sudah lebih dulu melakukan kegiatan operasional di Samarinda
Copyrights © 2018