Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda selama 2015-2017 yang di ukur dengan konsep balanced scorecard. Penelitian ini mengukur kinerja perusahan menggunakan 4 perspektif balanced scorecard. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada perspektif keuangan, mendapatkan hasil yang baik, hal ini ditunjukkan dengan peningkatan kinerja terutama pada return on invesment dan net profit margin yang sebelumnya mendapatkan kinerja yang buruk. (2) Perspektif pelanggan, pelanggan merasa sudah cukup puas terhadap kinerja PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda. (3) Pada perspektif proses bisnis internal, PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda belum berhasil dalam menurunkan tingkat kehilangan air. Selanjutnya, perusahaan berhasil untuk terus meningkatkan efisiensi produksinya. (4) Kinerja pada perspektif pertumbuhan dan pembelajaran didapatkan hasil yang, pegawai PDAM Tirta Kencana Kota Samarinda merasa puas terhadap tempat kerjanya, selanjutnya perusahaan dapat mempertahankan dan menambah sumber daya manusia yang baik untuk meningkatkan produktivitasnya, hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya produktivitas para pegawai.
Copyrights © 2020