Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 1 No. 1 (2020): Jambi Accounting Review (JAR)

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kualitas Laba (Studi Pada Perusahaan Perusahaan di Bursa Efek Indonesia Tahun 2015-2018)

Indah Aurelia (Alumni Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Enggar Diah PA (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Wiwik Tiswiyanti (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
06 Nov 2020

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel dewan komisaris independen, kepemilikan manajerial, kepemilikan institusional dan profitabilitas terhadap kualitas laba pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Populasi penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI tahun 2015-2018. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Terdapat 44 perushaan yang memenuhi kriteria sebagai sampel sehingga data penelitian berjumlah 44. Software yang digunakan untuk olah data adalah SPSS versi 25. Hasil penelitian ini adalah Dewan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, Kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap kualitas laba, Kepemilikan institusional berpengaruh terhadap terhadap kualitas laba, dan Profitabilitas tidak berpengaruh terhadap kualitas laba.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...