Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 1 No. 3 (2020): Jambi Accounting Review (JAR)

PENGARUH INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERBANKAN SYARIAH (STUDI KASUS PADA BANK BRI SYARIAH KOTA JAMBI)

Oki Permata (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Ilham Wahyudi (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Wiwik Tiswiyanti (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari masing-masing komponen di dalam Intellectual Capital(Human Capital, Costumer Capital, dan Structural Capital) terhadap Kinerja Keuangan. Penelitian ini menggunakan teori resource based view untuk menjelaskan bahwa perusahaan harus bisa mengembangkan dan memberdayakan sumber daya yang ada guna mencapai keunggulan kompetitifnya.Populasi dari penelitian ini adalah Bank BRI Syariah di Kota Jambi. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 42. Jenis data yang digunakan adalah data primer dengan kuisioner. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 22.0. Analisis data yang digunakan berupa uji asumsi klasik, dan analisis regresi linier berganda. Hasil pengujian penelitian menunjukkan bahwa secara simultan Intellectual Capital (Human Capital, Costumer Capital, dan Structural Capital) berpengaruh terhadap Kinerja Keuangan. Secara parsial menunjukkan bahwa Human Capital, Structural Capital berpengaruh positif signifikan terhadap Kinerja Keuangan, sedangkan Costumer Capital tidak berpengaruh signifikan terhadap Kinerja Keuangan.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...