Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 1 No. 3 (2020): Jambi Accounting Review (JAR)

PENGARUH KEMAMPUAN INFORMASI LABA, FREE CASH FLOW, BEBAN DEPRESIASI, DAN RASIO PERPUTARAN PIUTANG DALAM MEMPREDIKSI ARUS KAS DI MASA DEPAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN REAL ESTATE DAN PROPERTY YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018)

Nico Afrizela (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Afrizal (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Ratih Kusumastuti (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris mengenai pengaruh kemampuan informasi laba, free cash flow, beban depresiasi, dan rasio perputaran piutang dalam memprediksi arus kas di masa depan pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2015-2018. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori sinyal atau signalling theory. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari 61 perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sehingga diperoleh sampel yang digunakan sebanyak 23 perusahaan. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Analisis data yang dilakukan menggunakan analisis regresi linear berganda dimana dilakukan uji asumsi klasik terlebih dahulu sebelum pengujian hipotesis menggunakan uji-f, uji-t dan koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil uji-f untuk informasi laba, free cash flow, beban depresiasi, dan rasio perputaran piutang secara simultan atau bersama-sama berpengaruh signifikan positif dalam memprediksi arus kas di masa depan pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018. Berdasarkan hasil uji-t menunjukkan bahwa variabel informasi laba, beban depresiasi, dan rasio perputaran piutang secara parsial berpengaruh signifikan positif sedangkan variabel free cash flow secara parsial berpengaruh signifikan negatif dalam memprediksi arus kas di masa depan pada perusahaan real estate dan property yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...