Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 1 No. 3 (2020): Jambi Accounting Review (JAR)

ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI IMPLEMENTASI STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN ENTITAS MIKRO KECIL DAN MENENGAH (SAK EMKM) DI KOTA JAMBI (STUDI KASUS PADA UMKM BATIK DI SEBERANG KOTA JAMBI)

M Sholihin (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Mukhzarudfa (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Wiwik Tiswiyanti (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh sosialisasi, jenjang pendidikan, ukuran usaha, umur usaha dan pemahaman teknologi informasi terhadap implementasi SAK EMKM, baik secara parsial maupun simultan. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang diperoleh dari Dinas Koperasi dan UKM Kota Jambi, literatur, dan jurnal penelitian, sedangkan data primer diperoleh langsung dari UMKM Batik Seberang Kota Jambi. Populasi penelitian ini adalah UMKM Batik Seberang Kota Jambi, Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan berbagai kriteria jumlah sampel sebanyak 41 UMKM. Penelitian ini merupakan penelitian casual-comparative research. Teknik analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan t-statistik untuk menguji koefisien regresi parsial serta f-statistik untuk menguji pengaruh secara simultan dengan tingkat kepercayaan 5%. Selain itu semua variabel telah diuji dengan uji asumsi klasik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sosialisasi dan ukuran usaha berpengaruh terhadap implementansi SAK EMKM, namun jenjang pendidikan, umur usaha dan pemahaman teknologi informasi tidak berpengaruh terhadap implementansi SAK EMKM.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...