Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 1 No. 3 (2020): Jambi Accounting Review (JAR)

PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP KINERJA KEUANGAN PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA (STUDI KASUS: SEKTOR INFRASTRUKTUR, UTILITAS DAN TRANSPORTASI)

Aprisarado Taurussino (Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Yuliusman (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)
Rico Wijaya Z (Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Jambi, Jambi-Indonesia)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2021

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Good Corporate Governance yang diproksikan dengan Komisaris Independen, Komiite Audit dan Kepemilikan Institusional serta Ukuran Perusahaan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan yang diproksikan dengan Return on Asset pada perusahaan sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi. Kinerja keuangan perusahaan merupakan bentuk dari kinerja perusahaan itu sendiri berdasarkan perspektif keuangannya. Return on asset merupakan rasio profitabilitas yang digunakan untuk mengukur seberapa baik perusahaan menggunakan asetnya dalam menghasilkan laba. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang terdaftar di BEI sektor Infrastruktur, Utilitas dan Transportasi dari tahun 2014-2018 sebanyak 76 perusahaan. Sampel dalam penelitian ini adalah 34 perusahaan dengan metode purposive sampling, sedangkan teknik analisis data yang digunakan antara lain analisis deskriptif, uji asumsi klasik meliputi uji normalitas, uji multikolonieritas, uji autokorelasi dan uji heteroskedastisitas, analisis linear berganda dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Komisaris Independen tidak berpengaruh terhadap Return on Asset, sedangkan Komite Audit, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan berpengaruh terhadap Return on Asset. Secara simultan Komisaris Independen, Komite Audit, Kepemilikan Institusional dan Ukuran Perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap Return on Asset.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...