Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 2 No. 2 (2021): Jambi Accounting Review (JAR)

PENGARUH STRUKTUR PERTUMBUHAN, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (STUDI PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR INDUSTRI MAKANAN DAN MINUMAN YANG TERDAFTAR DI BEI)

M Husnil Huluqi (Alumni Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Tahun 2021)
Rico Wijaya (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Wirmie Eka P (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
15 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Struktur Pertumbuhan, Profitabilitas, Likuiditas terhadap Nilai Perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah struktur pertumbuhan, profitabilitas, dan likuiditas. Sedangkan variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan manufaktur yang bergerak dalam industri makanan dan minuman yang terdaftar di BEI dalam periode 2017-2019. Sampel penelitian ini adalah perusahan manufaktur industri makanan dan minuman yang menerbitkan laporan keuangan tahunan berturut-turut dalam periode pengamatan yang diambil dari situs www.idx.co.id. Alat ukur dari penelitian ini adalah dokumentasi berupa laporan keuangan yang telah dikumpulkan dan dipublikasikan yang diperoleh dari Indonesia Capital Market Directoy dan diambil dari situs www.idx.co.id. Data terkumpul diolah melalui bantuan program SPSS 25 for Windows. Berdasarkan dari hasil analisis data dengan menggunakan uji parsial (uji t) variabel struktur pertumbuhan tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan nilai t hitung sebesar -0,151, nilai t tabel sebesar 2.034 dan nilai signifikasi sebesar 0,881. Proftabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan memiliki t hitung sebesar 2,568, nilai t tabel sebesar 2.034 dan nilai signifikansi sebesar 0,015. Likuiditas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan dikarenakan memiliki t hitung sebesar -0,168 dengan nilai t tabel sebesar 2.034 dan nilai signifikansi sebesar 0,868. Hasil uji ketepatan model diperoleh nilai F hitung sebesar 2,694 dengan nilai signifikansi sebesar 0,063. Analisis regresi menghasilkan Adjusted R2 sebesar 0,127 atau 12,7%. Dengan kata lain, variasi variabel independen yang digunakan dalam model mampu menjelaskan sebesar 12,7% variasi variabel dependen, sedangkan sisanya sebesar 87,3% dipengaruhi atau dijelaskan oleh variabel lain diluar model.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...