Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 2 No. 3 (2021): Jambi Accounting Review (JAR)

PENGARUH KESULITAN KEUANGAN DAN PROFITABILITAS TERHADAP KECEPATAN PUBLIKASI LAPORAN KEUANGAN TAHUNAN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2016-2018)

Nurul Firda A (Alumni Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Tahun 2021)
Wirmie Eka P (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Fredy Olimsar (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kesulitan keuangan dan profitabilitas terhadap kecepatan publikasi laporan keuangan tahunan. Variabel kesulitan keuangan diukur dengan Rasio Gearing dan variabel profitabilitas diukur dengan ROA (Return On Assets). Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2016-2018. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian berjumlah 38 perusahaan dengan total data penelitian 114 data. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan menggunakan software SPSS versi 23 for windows. Hasil pengujian hipotesis pada penelitian ini menunjukkan bahwa kesulitan keuangan dan profitabilitas secara simultan berpengaruh terhadap kecepatan publikasi laporan keuangan tahunan. Secara parsial kesulitan keuangan dan profitabilitas berpengaruh signifikan terhadap kecepatan publikasi laporan keuangan tahunan. Besaran pengaruh kesulitan keuangan dan profitabilitas terhadap kecepatan publikasi laporan keuangan tahunan termasuk dalam kategori keeratan sangat lemah.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...