Jambi Accounting Review (JAR)
Vol. 2 No. 3 (2021): Jambi Accounting Review (JAR)

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGUNGKAPAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL DAN DAMPAKNYA TERHADAP REAKSI INVESTOR (STUDI PADA SEKTOR PERTAMBANGAN TAHUN 2017-2019)

Athiatul Istianah (Alumni Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi Tahun 2021)
Enggar Diah P.A (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)
Nela Safelia (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi)



Article Info

Publish Date
16 Feb 2022

Abstract

Penelitian ini berjudul Faktor-faktor yang mempengaruhi pengungkapan Tanggung Jawab Sosial dan dampaknya terhadap Reaksi Inverstor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kinerja keuangan, Political Visibility, Ketergantungan pada hutang dan Kepemilikan Institusional terhadap Tanggung jawab sosial dan dampaknya terhadap reaksi investor baik secara simultan maupun parsial. Penelitian ini menggunakan sampel perusahaan yang terdaftar bertutur-turut di Bursa Efek Indonesia untuk periode 2017-2019. Teknik sampling yang digunakan adalah purpose sampling. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 37 perusahaan, dari 50 perusahaan yang terdaftar. Metode analisis yang digunakan adalah metode analisis regresi berganda. Adapun hasil penelitian yang diperoleh yaitu secara simultan Kinerja keuangan, Political Visibility, Ketergantungan pada hutang dan Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Tanggung jawab sosial. Secara parsial Kinerja keuangan, Political Visibility, Ketergantungan pada hutang dan Kepemilikan Institusional berpengaruh terhadap Tanggung jawab sosial, dan Tanggung jawab sosial berpengaruh terhadap Reaksi Investor.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

JAR

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance

Description

Jurnal Jambi Accounting Review (JAR) merupakan publikasi ilmiah dari Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Topik-topik JAR berhubungan dengan segala aspek akuntansi, termasuk namun tidak terbatas pada topik-topik berikut ini: Akuntansi Keuangan Akuntansi manajemen ...