Dilatarbelakangi oleh pentingnya pemahaman konsep matematika siswa terutama pada materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar matematika berbasis Realistic Mathematic Education untuk membangun pemahaman konsep siswa. Bahan ajar dikembangkan berdasarkan model 4-D yang direkomendasikan oleh Thiangrajan dan dimodifikasi menjadi defined, designed, dan developed. Dengan demikian, pembelajaran matematika realistik akan mempunyai kontribusi terhadap kemampuan berpikir matematika siswa. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIIC Sekolah Bina Insan Mandiri dan subjek penelitian ini terdiri dari sepuluh siswa yang dipilih secara purposive sampling berdasarkan hasil evaluasi dan keaktifan siswa selama pembelajaran. Bahan ajar yang dikembangkan dilakukkan validitas dengan teknik analisas diskriptif, sementara data kantitatif yang diperoleh dihitung berdasarkan rata-rata sekor. Berdasarkan uji validitas oleh ahli instrumen yang dikembangkan dinyatakan valid dan berkriteria efektif berdasarkan hasil uji coba kepada siswa, serta layak untuk digunakan dalam pembelajaran.
Copyrights © 2023