Prosiding Seminar Nasional Teknoka
Vol 6 (2021): Prosiding Seminar Nasional Teknoka ke - 6

Rancang Bangun Game Edukasi Matematika Pada SDN Jatiwaringin XII

Windi Al Azmi (Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)
Firman Noor Hasan (Teknik Informatika, Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka)



Article Info

Publish Date
01 Jan 2022

Abstract

Matematika sering dianggap sulit oleh siswa. Penyebab sulitnya mempelajari matematika karena beberapa masalah, seperti penyajian pembelajaran matematika tidak menarik bagi mereka dan siswa yang cenderung malas menghafalkan rumus. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu media pembelajaran yang interaktif yaitu gameedukasi matematika yang dapat digunakanoleh siswauntuk mempelajari matematika. Dengan adanya game edukasi bisa memudahkan siswa dalam mempelajari matematika dan juga bisa membuat meningkatkan minat belajar. Dalam penelitian inimenggunakanmetodeGame Development Life Cycle (GDLC). Berdasarkan hasil pengujiandengan menggunakan skala likert, maka didapatkan presentase sebesar 93% yang menunjukkan siswa dapat menggunakan media pembelajaran interaktif seperti game edukasi matematika untuk mempelajari matematika.

Copyrights © 2021